Sejarah Pembuatan Sepatu Nike

Pembuatan sepatu NIike cukup mudah dilaksanakan oleh industri pengrajin sepatu. Sepatu ini awalnya merupakan perusahaan kecil dengan omset terbatas. Namun sistem manajemen manufaktur yang baik membuat sepatu ini jadi mendunia. Dengan harga terjangkau, kualitas Nike tetap terjaga.

pembuatan sepatu nike
pembuatan sepatu nike

Anda akan dengan mudah menemukan tokoh-tokoh ternama dunia menggunakan brand sepatu ini.

Sejarah awal pendirian Nike

Ide awal dalam mendirikan brand sepatu Nike berasal dari Bill, rekan Phil Knight yang merupakan pelatih di Freshman Football di Standford University. Adanya prospek bisnis yang baik itulah yang membuat Phil menyetujui dan mulai merancang bisnis sepatu.

Dua pendiri ini memiliki keahlian masing-masing, pada bidang bisnis dan pada bidang marketting. Kolaborasi ini kemudian membuat Nike memiliki potensi besar dalam pasar sepatu olahraga.

Nike dikenal sebagai Blue Ribbon Sport pada awalnya dengan fokus pada penyediaan sepatu olahraga berkualitas tinggi namun harga yang relatif terjangkau dibandingkan dengan yang beredar di pasaran ketika itu. Maka dari itu, impor sepatu Jepang (Asics) kemudian dilakukan untuk memenuhi fokus tujuan tersebut.

Oleh karena minat masyarakat yang tinggi, dibuka ritel pertama di daerah Pico Boulevard, Santa Monica California, yang merupakan awal kelahiran brand Nike.

Pengrajin Sepatu Wanita

Salah satu founder Nike kemudian yang bernama Jess kemudian bermimpi dan mengemukakan pendapatnya untuk mengubah nama brand menjadi Nike dengan slogan “Just Do It” kepada Bill dan Phil Knight.

Nike kemudian berkembang pesat ketika perusahaan tersebut dipercaya untuk memproduksi sepatu khusus yang akan digunakan oleh atlet US Olympics Trials dengan series “Nike Moon Shoes”. Pada masa ini, 50% pangsa pasar sepatu di Amerika dikuasai oleh Nike dalam kurun waktu 3 tahun pendirian brand Nike.

  Tempat Membuat Sepatu Terbaik

Perkembangan Manufaktur pembuatan sepatu Nike

Pembuatan sepatu Nike ini diawali dengan memanfaatkan bahan rubber dalam sole sepatu sehingga didapatkanlah sepatu olahraga yang nyaman dipakai meskipun dalam kondisi berlari ataupun ketika melakukan jenis-jenis olahraga lainnya. Banyak atlet-atlet dunia menggunakan sepatu ini karena dirasa nyaman untuk menemani aktivitas berat.

Founder sepatu Nike tidak ragu untuk melakukan promosi produk hingga lintas negara, dengan awal mula di Amerika, hingga merambah Eropa dan Asia. Ekspansi besar-besaran tersebut pada akhirnya mampu menempatkan Nike menjadi merek sepatu yang cukup sukses hingga saat ini.

Meskipun berasal dari Amerika, nyatanya manufaktur produk ini dominan di Asia. Pada awalnya, fokus manufaktur pembuatan sepatu Nike adalah Asia Timur, yaitu China, Taiwan, Korea Selatan.

Untuk selanjutnya, Nike memindahkan produksinya ke Thailand dan Indonesia dengan harga produksi yang lebih terjangkau.

Produksi sepatu Nike di Indonesia telah ada sejak tahun 1988, dengan sepertiga produk diproduksi di Indonesia. Saat ini, basis pembuatan sepatu Nike di Indonesia berada di sekitar wilayah Tangerang, Serang, dan sekitarnya.

Click to rate this post!
[Total: 1 Average: 5]

Produsen Sepatu Online

Leave a Comment