Berikut adalah Langkah-Langkah Pembuatan Sepatu Adidas yang Perlu Anda Ketahui!

Indonesia mempunyai beberapa pabrik pengrajin sepatu yang memproduksi untuk brand kenamaan dunia, sebagai contoh pembuatan sepatu Adidas. Brand ini berasal dari Jerman dan sering dipercaya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terutama outfit kasual.

pembuatan sepatu adidas
pembuatan sepatu adidas

Bagaimana sebenarnya proses pembuatan sepatu Adidas? Simak penjelasannya berikut ini.

Pemotongan bahan baku

Langkah pertama adalah memotong bahan baku bagian atas (upper components) sebelum dibentuk. Pemotongan ini sesuai dengan desain yang telah dibuat dan terdapat dalam bentuk pola (patterns). Adapun peralatan yang dibutuhkan biasanya menggunakan mesin pemotong yang memiliki bentuk dan ukuran telah disesuaikan dengan pola potongan sesuai dengan desain.

Proses penjahitan

Pola dan bahan baku yang telah dipotong kemudian dijahit dan dibentuk menyerupai desain bagian atas sepatu. Menjahit sepatu memerlukan keterampilan tinggi dan dilakukan oleh orang-orang yang telah ahli karena cukup sulit dan memerlukan ketelitian.

Potongan tersebut dirakit dan disatukan menjadi bagian atas sepatu (upper).

Pembuatan sole sepatu

Sole sepatu bisa terdiri dari  outsole, midsole, dan insole. Namun beberapa produksi tanpa menggunakan midsole.

  • Outsole adalah sepatu bagian bawah yang nantinya akan menapak dengan tanah yang dipijak. Outsole yang baik harus tahan terhadap air, beban pengguna, dan memiliki cengkeraman yang kuat.
  • Insole adalah bagian sepatu yang digunakan untuk menapak dan bersentuhan langsung dengan kaki pengguna. Kenyamanan insole perlu diperhatikan supaya tidak menimbulkan luka atau lecet ketika dipakai dengan pengguna.
  • Sementara midsole adalah bagian tengah-tengah antara insole dan outsole. Jika yang menggunakan midsole maka perlu menggabungkan dengan outsole terlebih dahulu menggunakan proses pengeleman (stock fitting)
Pembuatan Sepatu Custom
Pembuatan Sepatu Custom

Proses perakitan

Untuk sepatu yang tidak menggunakan midsole dapat langsung dirakit. Perakitan ini yaitu menggabungkan bagian upper dengan sole sepatu.

  • Satu set sepatu (upper dan sole) masuk pada proses laste. Proses ini adalah pengaturan sepatu dengan cara mengikuti kontur kaki dari ukuran dan dimensi yang telah ditentukan dalam desain. Tentu akan dihasilkan ukuran yang berbeda-beda.
  • Selanjutnya bagian upper dan sole menggunakan mesin toelast dan heelast. Caranya adalah dengan mengelem bagian jemari kaki (toelast) dan ujung tumit (heelast).
  • Adapun jika proses perakitan dengan dijahit maka disebut teknik stroble.

Setelahnya, upper dipanaskan supaya bahan tercetak dengan baik dan sesuai kontur yang diharapkan.

  6 TAHAP PEMBUATAN SEPATU KULIT

Proses treatment

Bagian sepatu yang telah dirakit tadi kemudian disatukan dibersihkan menggunakan penyinaran UV, cementing, dan heating. Bagian upper dan sole kemudian di-press menggunakan mesin.

Proses pendinginan

Beberapa bahan misalnya adalah bahan kulit harus didinginkan terlebih dahulu selama beberapa saat sebelum dilepaskan dari mesin press. Proses ini bisa dilakukan dengan conveyor gantung suhu ruang ataupun menggunakan suhu chiller.

Proses finishing

Pembuatan sepatu Adidas selanjutnya adalah finishing. Sepatu yang telah selesai dikerjakan kemudian melewati bagian quality control untuk dilakukan pengecekan sebelum dimasukkan ke dalam package dan gudang penyimpanan produk jadi.

Click to rate this post!
[Total: 6 Average: 4.8]

Pencarian terkait:

https://produsensepatuonline com/pembuatan-sepatu-adidas/

Produsen Sepatu Online

Leave a Comment