Yuk Intip Proses Pembuatan Sepatu Handmade Yang Mudah

Jika sebelumnya hanya kalangan tertentu saja yang mengganti sepatu secara berkala, yang disesuaikan dengan kebutuhannya, maka saat ini semua kalangan juga membutuhkan sepatu. Bahkan mengganti atau membeli sepatu disebabkan kebutuhan baik karena perlombaan, atau karena berbagai acara yang dihadiri. Dan ini tidak memandang kalangan apapun. Karena itu permintaan sepatu semakin melonjak saat ini.

Begitu pula dengan sepatu handmade, dimana gaya dan modelnya sesuai dengan berbagai kalangan. Bahkan proses pembuatan sepatu handmade yang rapih dan menarik menjadikannya mampu bersaing dengan sepatu lainnya. Pastinya anda penasaran kan dengan pembuatan sepatu handmade ini, karena gaya dan modelnya tak berbeda dengan sepatu pabrikan lainnya. Yuk simak detail ulasannya:

  • Membuat pola dan model sepatu

Seperti halnya membuat baju, maka menentukan pola dan model sepatu yang akan dibuat, menjadi hal utama. Anda terlebih dahulu menentukan apakah akan membuat sepatu wedges, sandal, flat shoes atau high heel. Setelah itu maka pola dapat dibuat sesuai yang diinginkan. Membuat pola biasanya menggunakan shoe last berbahan PVC atau bahan fiber menurut yang anda inginkan.

Pengrajin Sepatu Bandung
Pengrajin Sepatu Bandung
  • Proses memotong pola

Tentunya bikin sepatu merk sendiri menjadi unik karena anda membuat sepatu dengan model yang anda tentukan sendiri. Begitu juga dengan pola sepatu dapat ditentukan sendiri. Saat pemotongan pola biasanya menggunakan alat pemotong cutting dies. Alat potong ini dirancang sedemikian rupa sehingga alat ini akan sesuai dengan pola dan bentuk sepatu yang akan dibuat. Selain cutting dies, maka pemotongan pola sepatu juga dibantu alat cutting machine. Pemotongan pola biasanya dimulai dengan bahan baku untuk bagian upper dari sebuah sepatu. Biasanya bahan bakunya adalah canvas atau bahan kulit serta bahan lain seperti suede dan lainnya.

Sepatu Mules dengan bahan berkualitas
  • Proses jahit
  Proses Finishing Pembuatan Sepatu Wanita Handmade

Pada proses ini pastinya akan memakan waktu lebih lama. Karena pengerjaan pada proses jahit, memerlukan ketelitian yang tinggi. Agar jahitan dapat benar-benar pas dan sesuai dengan pola yang sudah dibentuk sebelumnya. Proses jahit sendiri adalah proses dimana pemotongan pola pada bahan baku untuk dijadikan upper sebuah sepatu. Maka itu sebabnya proses jahit harus benar-benar sesuai dengan pola yang nantinya akan memudahkan pada perakitan sepatunya.

Team Berpengalaman Pembuat Sepatu Massal
Team Berpengalaman Pembuat Sepatu Massal
  • Proses pembuatan outsole dan insole sebuah sepatu

Outsole atau bagian bawah sepatu yang bersentuhan langsung dengan tanah. Biasanya proses pembuatan sepatu handmade yang dilakukan pengrajin sepatu, menggunakan campuran dari beberapa bahan, agar tapak sepatu menjadi kuat. seperti bahan plastik, sponge dan karet. Pemilihan bahan untuk outsole juga dilakukan untuk menjadikan sepatu  dapat sesuai dengan peruntukannya. Apakah sepatu untuk  formal atau informal atau bahkan sepatu olahraga.

Penngrajin Sepatu Custom Bogor
Tempat Buat Sepatu Lokal

Untuk pembuatan insole nya sendiri harus benar-benar teliti dalam memilih bahan yang akan digunakan. Karena kenyamanan sebuah sepatu terletak pada bahan yang digunakan pada bagian insole. Selanjutnya adalah proses assembly dimana proses penggabungan upper dan bottom agar sesuai dengan desain pola yang telah ditentukan. Begitu pula dengan pasangan sepatu kanan dan kirinya.

Semoga informasi proses pembuatan sepatu handmade ini dapat menambah wawasan anda terutama mereka yang berniat membuka usaha penjualan sepatu online dengan merk sendiri. Sehingga dapat menjalin kerja sama dengan pengrajin sepatu handmade.

Click to rate this post!
[Total: Average: ]

Leave a Comment